SV UGM Luncurkan Pasar Online untuk UMKM di DIY

Pengembangan platform ini dilakukan Faiz bersama tim yang merupakan paradosen dari DEB, dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) dan Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (DLIKES) SV UGM. Secara khusus pasar online ini memfasilitasi UMKM di wilayah Yogyakarta yang selama ini belum terinfomasikan di media online. UMKM yang tergabung adalah UMKM yang menjual bahan-bahan seperti sembako, gas, air mineral, snack, jajanan pasar, buah, lauk, sayur, daging, ikan, food frozen, multivitamin, dan suplemen/herbal.

Menurut Faiz, dengan tersedianya informasi penjualan UMKM tersebut maka masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual yang ditampilkan di website dengan menghubungi kontak (whatsapp) serta dapat melihat lokasi warung tersebut. Pasar online secara resmi dapat diakses oleh warga Yogya mulai 2 Juni 2020. Sementara bagi UKM yang berminat untuk menginformasikan produknya juga dapat mendaftarkan melalui kontak admin yang disediakan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi sangat mengapresiasi peluncuran pasar online ini. Dia berharap warungjogja.com dapat bersinergi dengan ‘SiBakul’ yang dibuat oleh Dinkop UKM DIY. “Harapannya sinergi antara UGM dan Diskop atau pemerintah tetap berjalan dengan baik guna menjadi solusi ketahanan pangan serta ketahanan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19,” katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI