Tahun Ini Jumlah Mahasiswa Bidik Misi UNS Naik

SOLO,KRJOGJA.com – Jatah mahasiswa Bidik Misi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun ini sekitar 1.600 mahasiswa atau lebih banyak 300 dari kuota awal.

"Semula kuota Bidik Misi kami 1.300 ternyata bertambah menjadi 1.600 mahasiswa," jelas Prof Drs Sutarno MSc PhD, ketua Panitia Lokal UNS Solo, Rabu (14/6/2017).

Diantara mereka diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 yang diumumkan, Selasa (13/6/2017). Melalui jalur ujian tulis ini UNS menerima 3.351 calon mahasiswa baru. Jumlah ini masuk 10 besar perguruan tinggi negeri (PTN) yang terbanyak menerima calon mahasiswa baru melalui SBMPTN.

Sementara bagi yang belum diterima melalui SBMPTN, lanjutnya, bisa memanfaatkan pendaftaran jalur Mandiri yang masih dibuka. Seleksi jalur ketiga ini berbasis nilai SBMPTN. Jadi hanya peserta SBMPTN yang bisa mengikuti jalur Mandiri.

Bagi peserta SBMPTN yang dinyatakan diterima diminta melanjutkan mengisi data secara online. "Bagi yang diterima di UNS mendapatkan kesempatan untuk menyanggah terhadap besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kalau UKT dinilai terlalu tinggi, bisa menyanggah asal dengan disertai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Fasilitas sanggahan itu tidak diberikan semua perguruan tinggi negeri. Hanya UNS yang memberi kesempatan peserta untuk menyanggah. Menurut Prof Sutarno jika diantara mereka ada yang benar-benar dinilai miskin dimungkinkan diusulkan mendapat Bidik Misi. "Kami akan mencoba mengusahakan," pungkasnya.(Qom)

 

BERITA REKOMENDASI