Tampung Mahasiswa tak Mampu, UGM Siapkan Beasiswa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Rektor Univeritas Gadjah Mada (UGM) Prof Panut Mulyono menegaskan kampusya banyak menerima mahasiswa dan menawarkan berbagai beasiswa guna memberikan kesempatan bagi masyarakat kurang mampu dan berprestasi untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Bagi mahasiswa  tidak mampu secara finansial  yang kuliah di UGM mendapat beasiswa dengan  skema bidik misi," ungkap Rektor UGM Panut  Mulyono kepada KRJOGJA.com, Minggu (21/07/2019)

Rektor menjelaskan UGM juga menyediakan beasiswa alumni (Kagama) dan beasiswa dari berbagai mitra UGM baik swasta maupun perusahaan negara/BUMN.  Sedangkan daya tampung UM UGM untuk program sarjana 2028 orang dan untuk program Diploma 250 orang. Jumlah pendaftar UM UGM 45.356 orang. 

Di tempat terpisah Menristek Mohammad Nasir membantah siswa yang berikan sumbangan tertinggi ketika mengisi formulir pada pendaftaran mahasiswa baru di perguruan  tinggi negri ( PTN) pasti di terima PTN.

"Itu tidak benar,proses seleksi masuk perguruan tinggi negri  itu berdasarkan prestasi akademik dan lokalitas daerah masing-masing" demikian Menristekdikti Mohammad Nasir ketika dihubungi kemarin di Jakara,kemarin.

Karena itu, kata Menteri Nasir pemerintah (Kemenristekdikti) meminta seluruh rektor perguruan tinggi negeri (PTN) untuk memperhatikan kemampuan ekonomi calon mahasiswa yang melalui jalur mandiri dalam menetapkan uang pangkal. 

"Bagi yang tidak mampu tidak dikenakan uang pangkal atau pungutan lain selain uang kuliah tunggal (UKT). Seleksi tetap harus berdasarkan prestasi dan pendekatan lokalitas" tegas Nasir.(ati)

BERITA REKOMENDASI