Teliti Kerja Buruh, Dosen STIM YKPN Ini Dapatkan Gelar Doktor

SOLO, KRJOGJA.com – Persepsi karyawan terhadap perusahaan yang mampu memberikan gaji dan kesejahteraan sesuai yang tertuang dalam kontrak memberikan pengaruh positip terhadap kinerja. Mereka memiliki kemauan kuat untuk memberikan kontribusi yang lebih dari job diskripsinya.

Hal itu disampaikan Dr Anna Partina usai meraih gelar doktor ilmu ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (25/7/2019). Ia mempertahankan desertasi "Peran mediasi leader member exchange dan psychological contract pada pengaruh job insecurity terhadap organizational citizenship behavior".

Itu merupakan studi pada pekerja perusahaan manufaktur di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN ini melakukan riset sekitar dua tahun. Dalam ujian terbuka Dr Anna meraih IPK 3,88 sangat memuaskan.

Dr Anna mengatakan buruh sering kali merasakan tidak aman dan memunculkan pandangan kontradiktif. Misalnya terkait imbalan pekerja kontrak berbeda dengan yang berstatus tetap. Apakah seorang buruh yang mengalami suasana kerja seperti itu akan berpengaruh ketersediaannya untuk berpartisipasi lebih baik di perusahaannya.

"Tapi ternyata tidak. Ketidakamanan kerja tidak berpengaruh terhadap ketersediaan orang unruk berpartisioasi lebih di perusahaan," kata Dr Anna. Melainkan lebih kepada apakah hubungan atasan dan  bawahan  baik. Apakah persepsi karyawan terhadap perusahan.

Jadi hubungan karyawan dengan atasan penting. Selain itu persepsi karyawan bahwa perusahaan akan memenuhi kewajibannya juga sangat penting untuk mendorong memberikan kontribusi lebih.(Qom)

 

BERITA REKOMENDASI