Tenaga Kesehatan Bersiap Hadapi Era Industri

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Mahasiswa baru Stikes Mitra Husada Karanganyar disiapkan menghadapi tantangan dan persaingan dunia kerja di era industri 4.0. Berbagai peluang dan perkembangan teknologi kesehatan perlu dikuasai untuk memenangkan persaingan era tersebut.

Hal itu disampaikan dosen dan praktisi kebidanan di Stikes tersebut, dr. Yudistia Ngudi Insan Ksyatria SPOG kepada para mahasiswa baru di rumah dinas bupati Karanganyar, Kamis (15/8). Ia menekankan pentingnya mahasiswa memiliki kelebihan dan berambisi. Jangan hanya sama dengan lulusan lain.

“Harus kreatif dan memiliki ide yang akan dieksekusi,” katanya.

Dalam materi terkait tenaga kesehatan mandiri dan berintegritas di era rev industri 4.0, ia mengatakan teknologi kebidanan di Indonesia tertinggal jauh dibanding di luar negeri. Sehingga, ia mendorong penyetaraan teknologi sehingga meningkatkan harapan hidup ibu dan anak. Selain itu, tenaga kesehatan bakal lebih memiliki nilai tawar.

Ketua Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Stikes Mitra Husada Karanganyar tahun ajaran 2019/2020, Rohmadi mengatakan kuiah perdana dihadiri 198 mahasiswa baru di empat program studi (prodi). Yakni S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, D4 Manajemen Informasi Kesehatan serta D3 Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.

“Kuliah pertama mereka enggak hanya di kelas, tapi juga di luar kelas. Ini bagian dari kegiatan akademik. Selain kegiatan kelas juga praktik lapangan, penelitian dan pengabdian,” katanya.(Lim)

 

 

BERITA REKOMENDASI