Tiga Guru Besar Siap Bersaing, Hari Ini Pemilihan Rektor UNY

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersiap menggelar pemilihan rektor (pilrek) periode 2021-2025 di Auditorium UNY, Selasa (26/1/2021) hari ini. Dalam pemilihan yang menerapkan protokol kesehatan itu, tiga calon rektor yang sebelumnya telah lolos proses penyaringan bakal bersaing untuk menjadi orang nomor satu di perguruan tinggi negeri (PTN) ini. Ketiga calon tersebut, yakni Prof Dr Sumaryanto MKes AIFO, Prof Dr Siswantoyo MKes AIFO dan Prof Dr Lantip Diat Prasojo MPd.

Menurut Ketua Panitia Pilrek, Prof Dr Moh Farozin, Senin (25/1/2021), ketiga calon ini telah melalui proses penyaringan dan menyingkirkan sejumlah calon lainnya. “Sebelumnya UNY telah melaksanakan proses ulang pada tahap penyaringan berupa penilaian dan penetapan calon Rektor UNY periode 2021-2025. Proses penilaian ulang ini dilaksanakan Kamis (7/1/2021). Proses penyaringan dihadiri Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti dan staf, serta dua orang dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud,” jelas Prof Farozin.

Dalam proses penyaringan tersebut, peringkat pertama ditempati Prof Dr Sumaryanto MKes AIFO, kedua Prof Dr Siswantoyo MKes AIFO, ketiga Prof Dr Lantip Diat Prasojo MPd, peringkat keempat Prof Herman Dwi Surjono MSc MT PhD dan urutan kelima Prof Dr Suyanta MSi. Setelah itu, tiga calon peringkat teratas, ditetapkan menjadi calon Rektor UNY dan diumumkan kepada seluruh anggota Senat UNY. Kemudian, berkas penetapan dikirimkan ke Mendikbud.

BERITA REKOMENDASI