Tiga PTN Wujudkan Program Merdeka Belajar

SOLO, KRJOGJA.com – Guna merealisasikan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka tiga perguruan tinggi di Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dan
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (01/9), menjalin kerjasama.

Menurut rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho untuk mewujudkan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dibutuhkan kerjama. Tidak hanya dengan perguruan tinggi, namun juga bekerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita tidak mungkin berdiri megah tanpa kerja sama,” tandas Prof Jamal. Unnes, Unsoed dan UNS akan melakukan riset bersama, publikasi bersama, tukar menukar mahasiswa dan tukar menukar dosen untuk memajukan secara bersama.

Melalui kerjsama ini diharapkan mengangkat Unnes dan Unsoed masuk dalam perguruan tinggi Kluster 1. Tidak hanya itu Prof Jamal juga mendorong keduanya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman ingin dari kerjsama ini ketiganya dapat merancang materi- materi kuliah berbasis daring. “Unnes bisa ambil UNS, Unnes bisa ambil Unsoed begitu juga sebaliknya. Dan tentunya ketiga perguruan tinggi ini ke depan bisa melakukan kolaborasi riset bersama.

Sementara Rektor Unsoed, Prof Suwarto mengaku selama ini sudah sering mendatangkan dosen UNS untuk menjadi pembicara seminar. Ia minta dukungan dari UNS dan Unnes, semoga Unsoed mampu berkontribusi untuk Jawa Tengah dan Indonesia.-(Qom)

BERITA REKOMENDASI