Tim Bimasakti UGM Kenalkan Mobil Generasi 5

YOGYA (KRjogja.com) – Tim Bimasakti UGM atau Bimasakti Racing Team memperkenalkan mobil formula Bimasakti generasi 5. Mobil ini akan berlaga di ajang 14th Student SAE Competition of Japan, 6-10 September mendatang, yang merupakan kompetisi paling bergengsi di dunia bidang otomotif tingkat mahasiswa.

General Manager Tim Bimasakti Muhammad Luthfy Kusnadi mengatakan, sejumlah perubahan mendasar telah dilakukan. Dari sisi mesin, jika generasi sebelumnya menggunakan mesin CBR 600 CC, saat ini menggunakan KTM 450 SX-F yang lebih ringan dan power maksimal (58 hp). Selain itu bobot mobil juga berkurang 30 persen dari sebelumnya 330 kg menjadi 230 kg. "Kemampuan mobil ini setara dengan mobil sport komersial," terang Luthfi disela perluncuran usai Upacara Bendera HUT RI ke-71 di halaman Balairung UGM, Rabu (17/8/2016).
 
Dikatakan, tim Bimasakti UGM terdiri 28 personil (mahasiswa) lintas fakultas dan angkatan. Di Shizuoka Jepang, mereka akan mengikuti dua event yakni static event dan dynamic event. Untuk dynamic event terdiri Skidpad yakni uji kemampuan cornering di lintasan menyerupai angka 8, acceleration atau uji kecepatan mobil dalam jarak 70 meter trek lurus.

Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati MSc PhD mendukung penuh Tim Bimasakti berlaga dalam kompetisi tingkat dunia dan  sangat penting sebagai media bagi mahasiswa mengasah kerjasama tim, disiplin, kreativitas serta inovasi. Tak hanya itu, selama proses mempersiapkan mobil, para mahasiswa dilatih kesabaran, keuletan dan ketangguhan.  (R-2)

 

BERITA REKOMENDASI