Tim PHP2D Prodi Ekonomi Pembangunan UJB, Berdayakan Masyarakat Lewat Taman Seni Budaya

Editor: Ary B Prass

KLATEN, KRJOGJA.com– Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Janabadra (UJB) di Desa Mlese, Gantiwarno Klaten telah memasuki tahap akhir.
Dosen pembimbing, Rini Raharti mengatakan, PHP2D adalah sebuah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.
Sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat desa, agar terbangun desa binaan yang aktif mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. “Dengan adanya program PHP2D ini membuat masyarakat mau mengembangkan dan melestarikan budaya melalui Taman Seni Budaya Desa Mlese,” terang Rini, Selasa (2/11/2021).
Ketua Tim PHP2D HMJ Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UJB, Meyssyn Nur Indah Anggraini menambahkan, kegiatan diawali koordinasi dengan mitra desa dan sosialisasi PHP2D ke masyarakat pada 20 Agustus 2021. Setelah itu diadakan pelatihan UMKM bagi pelaku usaha pada 26 Agustus, pelatihan multimedia bagi karang taruna pada 2 September dan pelatihan kuliner pada 14 Oktober. Agenda terakhir dari kegiatan PHP2D ini yaitu pelatihan seni budaya.
Kepala Desa Mlese, Suparwoto sangat berterima kasih adanya program PHP2D dari tim mahasiswa HMJ Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UJB. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini membuat masyarakat dan karang taruna mau mengembangkan dan melestarikan Taman Budaya yang sudah dimiliki saat ini. Demikian pula ibu-ibu di Desa Mlese berkontribusi dengan memproduksi makanan khas Desa Mlese, sehingga dikenal masyarakat luas. (Dev)

BERITA REKOMENDASI