Tim PKM UST Sosialisasi dan Pelatihan ‘Soemeh’ di Bandung

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan ‘Soemeh’, sebuah aplikasi berbasis speech recognition untuk disabilitas tuli. Kegiatan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, 23-24 Desember 2021 bersama Kelompok Disabilitas Gerkatin (Gerakan kesejahteraan Tunarungu Indonesia), akademisi, guru, dan orang tua disabilitas.

Tim PKM UST terdiri Dinar Westri Andini MPd, Abdul Rahim MPd, Zainur Wijayanto MPd, Muhaimi Mughini Prayogo MPd, Nurholish Arifin Handoyo MPd dibantu 10 mahasiswa Prodi PGSD FKIP UST. Kegiatan ini dilaksanakan atas bantuan pendanaan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan didukung penuh oleh Rektor UST Prof Drs H Pardimin MPd PhD beserta para Wakil Rektor serta Kepala LP2M UST Dr Siti Rochmiyati MPd. Acara dibuka oleh Dr Yoga Budi Santoso MPd, selaku Pembina komunitas tuli Gerkatin yang sekaligus Kaprodi PLB Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung Jawa barat. Sedangkan pelatihan dipimpin oleh tim ahli dari pengembang aplikasi yang menjelaskan tahap demi tahap cara menggunakan aplikasi ‘Soemeh’ baik secara daring maupun luring.

Ketua pelaksana, Dinar Westri Andini MPd menuturkan, manfaat kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan ‘Soemeh’ di komunitas penyandang disabilitas tuli, yaitu untuk memberikan harapan ke depan bagi penyandang tuli untuk terus bersemangat maju dalam meraih ilmu dan kemuliaan. “Hal itu karena adanya aplikasi ini yang mampu memberikan kemudahan bagi mereka untuk memahami apa yang disampaikan individu dengan mengubah bahasa lisan menjadi tulisan,” terang Dinar kepada KRJOGJA.com, Minggu (26/12/2021).

UST

BERITA REKOMENDASI