Tim PPM UAD Tingkatkan Layanan Kesehatan Kader Posyandu Lansia

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia merupakan sebuah tempat yang digunakan dalam melayani pemeriksaan lansia. Posyandu Lansia Wredo Utomo merupakan salah satu Posyandu Lansia yang melayani lansia di desa Wukirsari Imogiri. Jumlah lansia yang berada di wilayah ini mencapai ratusan, sehingga pelayanan menjadi kurang maksimal.

Dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Tim dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang diketuai oleh Lisna Zahrotun ST MCs dilaksanakan beberapa pelatihan kepada kader Posyandu Lansia dengan harapan dapat meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat lansia. Pelatihan dilaksanakan Jumat 25 September 2020 lalu di Posko Posyandu Lansia Wredo Utomo Wukirsari Imogiri Bantul.

Lisna Zahrotun menyampaikan, program unggulan dalam pelatihan ini adalah pelatihan aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Pemeriksaan Lansia berbasis web. Dalam sistem ini para kader lansia dilatih dalam mengoperasikan setiap menunya dengan praktek langsung menggunakan HP.

Sistem ini mencakup pendataan lansia, data diagnosa dan data pemeriksaan. Selain dapat menyimpan data lansia dan data pemeriksaan. “Kelebihan sistem ini mampu menampilkan rekomendasi hasil diagnosa lansia setelah pemeriksaan, seperti rujukan ke puskesmas ataupun rujukan ke rumah sakit. Sehingga rujukan yang dihasilkan dapat langsung digunakan oleh lansia untuk periksa ke jenjang yang lebih tinggi seperti puskesmas maupun rumah sakit,” ujar Lisna Zahrotun melalui keterangan tertulis, Selasa (29/09/2020).

Sebelum dilakukan pelatihan aplikasi tersebut, anggota Tim PPM UAD Dewi Soyusiawaty ST MT terlebih dulu memberikan pengenalan Internet dan komputer. Dalam pelatihan ini para kader Lansia mendapatkan informasi terkait intenet dan manfaatnya di dunia modern seperti sekarang ini termasuk dalam bidang pendidikan, perdagangan, pemerintahan dan sosial.

Untuk meningkatkan pelayanan kader Posyandu Lansia dalam menyiapkan makanan pendamping lansia maka dalam pengabdian ini juga dilakukan pelatihan pembuatan kwetiau dari bahan labu kuning yang disampaikan oleh anggota Tim PPM UAD Titisari Juwitaningtyas, STP MSc. Dengan pelatihan ini kader Posyandu lansia mendapatkan tambahan jenis makanan yang layak dan baik dikonsumsi bagi lansia.

Pelatihan penggunaan alat kesehatan pemeriksaan dasar juga termasuk salah satu pelatihan dalam PPM ini. Materi disampaikan oleh Dosen Akper Karya Bakti Husada Eni Purwaningsih SKep M Kep. Pelatihan alat kesehatan ini dilakukan untuk merefresh kembali ilmu terkait penggunaan alat-alat kesehatan dasar bagi lansia.

Ketua Kader Posyandu Mugi Lestari sangat mengapresiasi pelatihan yang diberikan oleh Tim PPM UAD. Antusiasme kader lansia mengikuti pelatihan ini sangat luar biasa. Sebab selama ini memang belum ada pelatihan-pelatihn untuk meningkatkan dan memotivasi para kader lansia Posyandu Wredo Utomo.

“Semoga pelatihan seperti dapat berlanjut sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan bagi kader Posyandu Lansia,” kata Mugi Lestari. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI