Tim PPPUD UNY Membina Kerajinan Keset Anak usaha Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera atau disingkat PPDMS merupakan organisasi berbadan hukum yang khusus menangani pemberdayaan disabilitas di Kabupaten Gunungkidul. PPDMS berkantor pusat di Kalurahan Nglipar, Kapanewon Nglipar, selain bergerak di bidang sosial, juga bergerak dalam peningkatan kesejahteraan kualitas hidup keluarga penyandang disabilitas. PPDMS yang diketuai Hardio telah memiliki anak usaha sekitar 10 mitra dengan usaha beragam meliputi: kerajinan keset, meubeler, pedagang, olahan makanan, dan ahli urut. Salah satu produk yang dikenal hingga mancanegara adalah usaha kerajinan keset. Meskipun pada akhirnya kerajinan keset ini mulai surut ketika pandemi Covid-19 menyerang ekonomi dan produksi keset organisasi ini.

Usaha kerajinan keset mulai menunjukkan gairahnya ketika Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai membina sejak Tahun 2020. Tim PPPUD UNY yang dimotori Drs. Edy Purnomo, M.Pd. dengan anggota Dr. Ishartiwi, M.Pd., Bayu Rahmat Setiadi, M.Pd., Eka Ary Wibawa, M.Pd., dan Angga Damayanto, M.Pd. Tahun 2020 merupakan tahun pertama tim PPPUD yang didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN dan tahun 2021 dilanjutkan (tahun kedua) namun dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahun 2021 merupakan tahun yang cukup membutuhkan banyak usaha karena pelaksanaan pengabdian masyarakat berbenturan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada tahun ini direncanakan PPDMS mampu memiliki merk dagang sendiri “IKI AE”, mengembangkan 3 anak usaha dengan melibatkan banyak keluarga mitra dan warga sekitar, penambahan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) Keset yang Aksesibel untuk Penyandang Disabilitas, persiapan pemasaran dalam dan luar negeri berbasis marketplace, pelatihan varian produk kain perca, dan pelatihan penguatan SDM baik pembukuan, pengelolaan, dan pemasaran produk. Selain itu, perbaikan dan pelengkapan sarana gedung produksi meliputi penambahan alat, perbaikan jaringan IT, dan pemberian Alat Pemadam Api Ringan dan Perlengkapan K3 Covid-19 untuk menghindari terjadinya kebakaran dan kecelakaan kerja.

UNY

BERITA REKOMENDASI