Tim PPPUD UNY Membina Kerajinan Keset Anak usaha Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera

Berkaitan pengembangan anak usaha PPDMS, tiga mitra dilibatkan yaitu Mitra Handayani, Bina Dadapayu Sejahtera dan Mitra Manunggal. Kegiatan kerjasama dimulai dengan penanda-tanganan Implementation of Arrangement antara Tim PPPUD UNY dengan anak-anak usaha PPDMS. Kegiatan selanjutnya adalah penyerahan satu buah ATBM keset untuk penyandang disabilitas dan kain perca untuk setiap anak usaha mitra. Penyerahan ATBM keset juga disaksikan dari perwakilan dari Desa Rejosari Kecamatan Semin. Hardio mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu para anak usaha PPDMS agar mereka dapat berlatih secara mandiri dan menyebarkan keterampilannya kepada keluarga mitra dan warga sekitar sehingga pemulihan ekonomi dapat tumbuh dan tangguh.

Mitra-mitra yang berada di bawah koordinasi PPDMS merupakan mitra-mitra terbaik yang nantinya menjadi Agent of Skill Transfers untuk tujuh mitra lainnya. Tim PPPUD UNY juga membekali ketiga mitra dengan keterampilan produksi massal ATBM Keset yang Aksesibel untuk Penyandang Disabilitas. Tim PPPUD UNY mendukung dari segi pelatihan dan pendampingan pembuatan alat, sedangkan anak-anak usaha menyediakan bahan baku kayu dan tenaga untuk proses pembuatan dan perakitan.

Konsep yang direncanakan Tim PPPUD untuk PPDMS adalah kantor pusat PPDMS diharapkan menjadi pusat pembelajaran kerajinan keset untuk penyandang disabilitas sekaligus tempat produksi, tempat pengepulan bahan baku, dan tempat promosi produk-produk para penyandang disabilitas. Pusat kerajinan tersebut kedepannya akan digerakkan oleh warga Nglipar sekitar dibawah instruksi Kepala Desa Nglipar, sedangkan anak-anak usaha fokus dalam percepatan produksi keset. Harapan besar Hardio adalah organisasi PPDMS menjadi tempat harapan hidup bagi penyandang disabilitas, keluarga, dan warga sekitar.(*)

UNY

BERITA REKOMENDASI