Tips Yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Pemilihan Program Studi

Setiap siswa yang akan melanjutkan jenjang perkuliahan tentu diharuskan untuk mengambil suatu program studi. Dalam mengambil program studi tentu ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan. Pasalnya, ada begitu banyak pilihan institusi pendidikan serta program studi yang berbeda. Salah satunya, Sampoerna University yang memiliki beberapa pilihan program studi menarik.

Sampoerna University memang memberikan banyak sekali program studi terbaiknya. Dengan banyaknya penawaran, tak sedikit siswa kebingungan untuk memilih program studi yang cocok. Tentunya, ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan lebih dahulu sebelum menentukan pilihan program studi.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan atau cara memilih program studi yang cocok dengan diri sendiri

Pahami potensi dalam diri

Hal pertama yang perlu diketahui adalah potensi dalam diri kamu. Memahami potensi diri sendiri bisa membantu dalam hal pengambilan program studi. Sebagai contoh, jika memiliki potensi dalam bahasa asing dan sastra maka kamu bisa memilih program studi sastra Inggris.
Contoh yang kedua adalah ada memiliki kemampuan dalam matematika maka program studi yang bisa kamu pilih adalah program studi statistika ataupun pendidikan kedokteran.

Mengenali passion yang ada dalam diri kamu

Selain mengenali potensi diri sendiri maka kamu bisa menggunakan cara dengan melihat passion diri sendiri. Sebenarnya kamu bisa memilih program studi yang berseberangan dengan potensi diri dengan mengikuti passion dalam diri kamu. Akan tetapi passion kamu haruslah kuat, atau mungkin passion tersebut bisa dijadikan sebuah hobi.

Sebagai contohnya adalah ketika potensi diri kamu menunjukkan kamu lebih baik di bidang sains akan tetapi kamu memiliki passions dibidang Bahasa asing maka tidak ada salahnya kamu mengikuti passion yang kamu miliki.

Melihat peluang kerja

Perlu diingat bahwa setiap program studi yang ditawarkan pasti memiliki peluangnya masing-masing. Seperti program studi bahasa asing bisa menjadi jalan kamu untuk mendapatkan pekerjaan di bidang penerjemah di perusahaan.

Akan tetapi kamu harus bisa mencoba untuk mengkulik terlebih dahulu tren peluang kerja dari saat ini hingga beberapa tahun kedepannya. Sebisa mungkin pemilihan program studi yang dipilih memiliki peluang kerja yang cukup besar, sehingga ketika lulus kamu dapat dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan sesuai.

Melakukan sebuah riset

Hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan riset pada setiap program studi yang kamu pilih. Kamu bisa memulainya dengan mencoba melakukan sebuah riset pada biaya perkuliah, lokasi, mata kuliah yang ada di program studi tersebut, lulusan dari program studi, profil dari jurusan tersebut.

Untuk kasus ini kamu bisa mencoba untuk membandingkan beberapa pilihan jurusan. Tentunya perbandingan yang dilakukan dengan beberapa faktor yang sama. Dengan melakukan perbandingan ini maka kamu akan dipermudahkan dalam melakukan pemilihan program studi.

Tidak mengikuti teman

Setiap orang pasti memiliki teman sefrekuensi. Terkadang ada ego tersendiri untuk mengikuti apa pilihan teman tersebut tanpa menimbang terlebih dahulu. Sebaiknya dalam melakukan pemilihan program studi tidak dilakukan dengan mengikuti pemilihan teman. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki potensi dan passion diri masing-masing.

Belum tentu pilihan teman sama dengan pilihan yang kamu tentukan. Maka dari itu, pilihlah sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Konsultasi dengan ahli atau beberapa orang

Bagi kamu yang memang tidak mengetahui bagaimana cara memilih program studi, maka tips yang terakhir adalah melakukan konsultasi dengan beberapa orang yang sudah ahli. Bisa bertanya kepada kerabat yang sudah mengampu kelas perkuliahan. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah memilih program studi tersebut.

Menyesuaikan biaya kuliah

Poin lain yang tak kalah penting adalah menyadari biaya yang dibutuhkan untuk program studi yang kamu pilih. Pasalnya, program studi pada setiap universitas memiliki penawaran harga yang berbeda-beda. Jadi, pastikan bahwa program studi yang kamu pilih memiliki biaya yang sesuai dengan kemampuan dana.

Jika mempunyai impian untuk mengenyam pendidikan di luar negeri namun terbebani oleh biaya, tak ada salahnya memilih universitas internasional sebagai alternatif. Selain tak perlu mengeluarkan biaya hidup di negeri asing, pendidikan yang didapat pun tetap berkualitas.

Tak ketinggalan, Sampoerna University pun menawarkan program beasiswa yang dapat meringankan biaya pendidikan. Ada beberapa aspek yang akan kamu dapatkan saat kuliah dengan program beasiswa, mulai dari biaya pendidikan, memproses biaya-biaya lain, memberikan rincian dana setiap semester, hingga memproses biaya antar siswa maupun pihak ketiga. Meski begitu, program beasiswa juga akan ditentukan oleh status siswa tersebut.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan cara-cara di atas sebelum menentukan jurusan kuliah. Sampoerna University bisa menjadikan salah satu universitas yang kamu tuju ketika hendak melakukan pemilihan program studi.

BERITA REKOMENDASI