TNI-UNS Kembangkan Riset

SOLO (KRjogja.com) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap menggelar "TNI UNS Technomilitary Festival" di kampus Kentingan Solo, 10-12 Agustus. Melalui kegiatan ini selain akan memamerkan berbagai peralatan alutsista (alat utama sistem pertahanan), TNI juga ingin berkolaborasi dalam pengembangan riset dengan perguruan tinggi salah satunya UNS,

"Kami berharap melalui kegiatan ini warga kampus tidak alergi lagi dengan TNI," harap Mayor Mantang, Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama dalam jumpa pers rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 21 di Hotel Dana, Rabu (03/8). Hadir dalam kesemptan itu Danlanud Adisumarmo Kol Nva Agus Supriyanto, Wakil Rektor I Prof Drs Sutarno MSc PhD, Ketua LPPM UNS Prof Drs Sulistyo Saputro MSc PhD dan ketua panitia Dr Ari Setyawan.

Sementara Kol Agus mengatakan TNI menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk pengembangan riset. Dicontohkan di TNI AU terus melakukan riset maupun kerjasama dengan perguruan tinggi. Dalam beberapa tahun lalu Indonesia menjalin kerjasama dengan Korea untuk membuat pesawat tempur. Untuk mendukung itu sejumlah perwira dikirim ke ITB Bandung untuk mendalami aerodinamika.

"Pengiriman perwira ke ITB untuk memperkuat di bidang aerodinamika," kata Kol Agus. Selama ini riset TNI AU dilakukan di Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU (Dislitbangau). Berbagai hal yang menyangkut pengembangan persenjataan, radar maupun pesawat dilakukan di situ. Dan pengembangan riset itu sangat dimungkinkan dilakukan bersama perguruan tinggi. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI