Tompel Bikin Sepeda Lebih Ringan Saat Menanjak

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Beberapa mahasiswa UGM merancang alat yang bisa membantu pengguna sepeda saat sedang berlomba dengan gravitasi. Alat yang kemudian dipasang di body sepeda tersebut diberinama Tompel, singkatan dari Automatic Pit Onthel. Tompel ini sebenarnya merupakan alat sederhana dengan mengakali teknologi auto shifting gear yang selama ini digunakan pada sepeda listrik.

Dyah Nur Suci, salah satu penggagas Tompel mengungkapkan, cara kerja alat tersebut cukup sederhana yakni mengandalkan pendulum yang dihubungkan ke kabel sproket pengubah gigi. "Nanti saat gravitasi bertambah atau di jalan naik maka otomatis pendulum menarik kabel dan mengubah gigi semakin ringan," ungkapnya kepada KRjogja.com, Jumat (05/08/2016).

Cara kerja sebaliknya pun terjadi saat sepeda berada di jalan menurun yang otomatis mengubah gigi ke posisi lebih berat dan tentu saja membuat pengguna sepeda makin nyaman berkendara. "Pendulum atau bandul bergerak ke arah sebaliknya dan otomatis mengganti gigi jadi lebih berat," imbuhnya.

Tiga penggagas Tompel yakni Dyah Nur Suci, Ulya N U dan Ilham Adityarsena kini tengah berusaha membuat Tompel ini menjadi semakin ringan dan bisa diaplikasikan untuk segala macam jenis sepeda. "Sekarang beratnya masih 2,5 kilogram jadi kami masih berusaha membuatnya menjadi seringan mungkin agar tak menambah beban pengguna sepeda," lanjut Ilham.

Ketiga mahasiswa ini juga bercita-cita menggandeng rekanan untuk bekerjasama agar bisa memperbanyak produk Tompel agar semakin murah. "Harapan kami masyarakat bisa tertarik dan menggunakan Tompel ini untuk terus bersepeda," pungkas Ilham. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI