Tren Saat Ini Mahasiswa Tidak Lagi Ingin Menjadi PNS Melainkan Membuka Perusahaan Rintisan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tren saat ini mahasiswa tidak lagi ingin menjadi PNS, melainkan membuka perusahaan rintisan. Demikian diungkapkan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Ristek Kemendikbudristek Prof Nizam pada peluncuran modul pembelajaran daring Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kewirausahaan yang dipantau di Jakarta, Selasa (24/8/2021). Selain itu Nizam mengatakan minat wirausaha mahasiswa saat ini semakin meningkat.

“Semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa terus meningkat. Hal ini dapat terlihat dari perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia yang menempati peringkat ke lima di dunia,” ujar Nizam.

Untuk itu, penting sekali membekali mahasiswa dengan tata cara wirausaha. “Dengan bekal itu, mahasiswa tidak hanya bermodalkan dengan kenekatan tetapi juga ilmu, sehingga tingkat keberhasilan lebih tinggi. Ini lah pentingnya program KKN Tematik Kewirausahaan ini,” tambah dia.

Nizam berharap program tersebut dikembangkan luas dan tidak harus digunakan untuk KKN saja. Program tersebut hadir sebelum program Kampus Merdeka, maka dengan Kampus Merdeka mahasiswa memiliki potensi yang luas dengan program pertukaran mahasiswa, magang, penelitian, program kemanusiaan dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI