UAJY Dorong Akademisi Publikasi Jurnal Internasional

YOGYA, KRJOGJA.com – Rendahnya jumlah publikasi jurnal di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memotivasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional di Student Lounge Kampus II pada Senin (25/09/2017). 

"Tujuan workshop ini untuk meningkatkan produktivitas dan performa para dosen sebagai komunitas UAJY. Ketika publikasi meningkat, maka nilai UAJY akan terangkat dengan sendirinya,” ujar Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA selaku Kepala LPPM UAJY.

The Jin Ai, ST., MT., Dr. Eng selaku Wakil Rektor I UAJY bersama Dr. G. Arum Yudarwati dosen FISIP UAJY menjadi pengisi materi dalam workshop Penulisan Jurnal Internasional. Keduanya merupakan dosen UAJY berprestasi. Mereka menekankan pentingnya mempublikasikan jurnal ke tingkat internasional. Biasanya akademisi dapat memulainya dengan menjadi anggota dari komunitas tertentu.

“Untuk dosen baru, pilihlah komunitas yang benar. Komunitas akademik akan menjadi acuan agar kita terhindar dari penipuan-penipuan berkedok jurnal dan konferensi,” kata The Jin Ai.

Gregoria berpesan, jangan pernah takut untuk mulai menulis dan mengirimkan riset ke editor jurnal. Tulisan ditolak itu biasa, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman tersebut.

Para peserta workshop tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak pertanyaan terus diajukan selama penjelasan berlangsung. Sehingga pertemuan tersebut berjalan dengan interaktif. (*)

BERITA REKOMENDASI