UAJY Kerjasama Penelitian dengan Universitas Inggris

SLEMAN (KRjogja.com) – Bertempat di Ruang Rektorat Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Rabu (10/08/2016), telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UAJY dan University of Huddersfield, Inggris. Memorandum ini juga akan mendasari kerja sama antara UAJY dan University of Huddersfield yang lebih erat lagi dalam hal kolaborasi penelitian, kegiatan konsultasi bersama, partisipasi dalam seminar dan pertemuan akademik, pertukaran bahan akademik serta berbagai program dan proyek akademik khusus jangka pendek.

Penandatanganan MoU tersebut sebagai sebuah bentuk komitmen kerja sama penelitian di bawah payung British Council dalam skema Newton Fund Institutional Link. Program Newton Fund sendiri merupakan bagian dari inisiatif UK Business, Innovation and Skills yang dilaksanakan di 15 negara berkembang termasuk Indonesia dengan UAJY sebagai salah satu pemenang hibah penelitian yang akan berlangsung selama 2 tahun (2016-2018) dengan nominal kerja sama hibah riset sebesar GBP 97.030.

Acara peresmian kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M. dengan disaksikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UJAY, Dr. Eng. The Jin Ai, S.T., M.T. dan dihadiri oleh segenap tim peneliti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sedangkan dari pihak University of Huddersfield, pada tanggal 4 Agustus 2016 lalu,  telah dilakukan penandantangan oleh Professor Andrew Ball, Pro Vice-Chancelor Research and Enterprise di Inggris.

Rektor UAJY sangat mengapresiasi kegiatan penelitian yang menggaet University of Huddersfield tersebut dan menyatakan dukungan penuhnya. Beliau juga menyatakan dorongannya untuk para dosen dan peneliti di lingkungan UAJY untuk bisa mengembangkan kemitraan dengan pihak dalam dan luar negeri, terutama dalam hal kolaborasi akademik, pelatihan dan studi lanjut.

Penelitian dengan lead researcher Professor Anne Gregory (University of Hudderfield) dan Dr. Gregoria Arum Yudarwati (UAJY) ini bertujuan untuk mendukung proses transisi menuju desa mandiri energi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini juga akan melibatkan tim peneliti dari UAJY yaitu Ign. Agus Putranto, M.Si. dan Dr. MC. Ninik Sri Rejeki, M.Si sebagai peneliti utama dan didukung oleh F. Anita Herawati, M.Si., Pupung Arifin, M.Si., Lukas Deni, M.A. dan Ina Nur Ratriyana, M.A. dalam pelaksanaannya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI