UBSI Dorong dan Fasilitasi Mahasiswanya Jadi Pengusaha

JAKARTA, KRJOGJA.com – Universitas  Bina Sarana Informatika (UBSI) menaruh perhatian besar pada usaha mencetak para entrepreneur. Hal ini ditunjukan dengan mendampingi sekaligus memfasilitasi mahasiswanya untuk merintis dan mengembangkan usaha bisnis yang dimiliki. Salah satu bentuknya adalah adanya BSI Entrepreneur Center (BEC).

“UBSI mendorong para mahasiswanya agar menjadi pengusaha. Artinya, mereka  kuliah di UBSI sambil merintis dan mengembangkan usaha bisnis. Bahkan tagline  BSI Entrepreneur Center (BEC) adalah ‘Jadi pengusaha sebelum wisuda’,” kata Fuad Nur Hasan dari BEC kepada KRjogja.com.

Fuad menambahkan, dalam hal ini, UBSI tidak hanya sekedar mendorong mahasisanya merintis dan mengembangkan usaha bisnis. UBSI juga memfasilitasi mahasiswa agar bisa betul-betul menjadi pengusaha pada saat masih kuliah di UBSI. “Untuk itu, UBSI mendirikan BSI Emtrepreneur Center (BEC),” ujarnya.

Fuad mengemukakan,  BSI Entrepreneur Center (BEC) memberikan coaching kepada para mahasiswa UBSI yang tertarik bidang bisnis untuk belajar berbisnis sejak masih kuliah. Dalam hal ini, BEC memberikan mentoring dan mempertemukan mahasiswa yang belajar entrepreneurship dengan berbagai pengusaha untuk belajar dan praktik langsung mengenai dunia bisnis. “Dengan demikian, saat masih kuliah mereka sudah bisa menjadi pengusaha yang berhasil,” paparnya.

Menurut Fuad, keberadaan entrepreneur sangat menentukan kemajuan sebuah negara. Berdasarkan penelitian Mc Lelland dan Bank Dunia, prasyarat suatu negara-bangsa menjadi maju, sejahtera, dan berdaulat adalah jumlah entrepreneurnya minimal 7% lebih dari total penduduknya.

Menurut Daniel Priestley (2013), “Entrepreneur adalah seorang yang mampu menangkap suatu peluang dan kemudian mengubahnya menjadi bisnis yang sukses.”   Sedangkan Ciputra (2009) mendefinisikan entrepreneur adalah seorang yang mampu mengubah rongsokan menjadi emas.

BERITA REKOMENDASI