UBSI Yogyakarta Gandeng Kementrian Pariwisata Tingkatkan Pengembangan Desa Wisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Yogyakarta bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata kembali melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tajuk ‘Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata Puspo Ardi’ di Desa Puspo Ardi, Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (24/6/2019)

Acara ini dihadiri oleh masyarakat Desa wisata Puspo Ardi dengan narasumber antara lain Dr. Ani Wijayanti, M.M., M.Par, M. Selaku Dekan Fakults Ekonomi dan Bisnis UBSI kampus Yogyakarta, Fathurrahman Nurul Hakim, S.Par, M.M dan Emmita Devi Sari Putri, S.Par., M.M.

“Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut yakni untuk membekali masyarakat desa wisata Puspo Ardi agar mampu secara ilmu dan skill dalam mengembangkan desa wisata Puspo Ardi agar menjadi desa wisata yang memiliki pesona tersendiri sehingga dapat menarik masyarakat luas untuk dapat berkunjung di desa wisata Puspo Ardi,” jelas Ani.

Pada pemaparan materinya, Ani memberikan pemaparan mengenai kiat-kiat dalam mengembangkan desa wisata agar menjadi desa wisata dengan keunikan atau kharismatik tersendiri yang dapat memikat masyarakat luas untuk berkunjung ke desa wisata tersebut.

Materi kedua disampaikan oleh Fathurrahman mengenai Pemandu Wisata (Tour Guide) yang berisi tentang peran seorang pemandu wisata, kode etik, dan bagaimana menjadi seorang pemandu wisata yang baik bagi pengunjung desa wisata. 

Dan dilanjutkan dengan pembekalan keahlian pembuatan kue dengan bahan dasar ketela oleh Emmita. “Karena ketela merupakan bahan yang mudah dicari dengan harga beli yang terbilang terjangkau dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan pembuatan kue yang nantinya bernilai jual lebih tinggi,” papar Emmita.

Diakhir acara Ani menyapaikan harapannya mengenai terselenggaranya kegiatan ini dapat  dapat meningkatkan hubungan baik antara UBSI Kampus Yogyakarta dengan masyarakat desa wisata Puspo Ardi serta menambah wawasan masyarakat desa wisata Puspo Ardi menjadi lebih luas dan bertambah untuk mengemabangkan desa wisata Puspo Ardi.(*)

BERITA REKOMENDASI