UGM Buat Pelet Kuda Andong Hemat di Masa Pandemi Covid

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid dialami seluruh lapisan masyarakat termasuk pekerja informal pariwisata di Yogyakarta. Kusir-kusir andong jadi salah satu yang terdampak, tak bisa mengais nafkah untuk anak istri karena tak ada wisatawan plus harus tetap memberikan pakan ternak kuda yang nanti di akhir pandemi jadi harapan mengais pundi-pundi.

Fakultas Peternakan UGM menginisiasi bantuan untuk kusir-kusir andong agar tetap bisa memberi pakan kudanya dengan lebih hemat. Mereka meriset pakan ternak kuda berbentuk pelet yang diklaim bisa menghemat pengeluaran perawatan.

“Kami lakukan penelitian penerapan teknologi tepat guna yakni pelet hijauan pakan ternak. Ada beberapa hal yang kami riset dan mudah-mudahan bisa membantu para kusir yang tak bisa bekerja tapi tetap harus merawat kuda,” ungkap Dekan Peternakan UGM, Prof Ali Agus Kamis (21/5/2020).

Beberapa keunggulan ditemukan pada pelet hijauan pakan ternak kuda kreasi Peternakan UGM ini. Salah satunya pakan lebih awet dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama.

BERITA REKOMENDASI