UGM Dukung Kedaulatan Pangan Perbatasan

SLEMAN (KRjogja.com) – Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, D.E.A., telah membangun kerja sama sejak tiga tahun terakhir ini dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dengan mengirimkan tenaga ahli ke perbatasan. 

Semangat untuk berdaulat pangan  yang dibingkai dalam konsep pengembangan pertanian terpadu (integrated farming) di daerah perbatasan ini mengedepankan aspek potensi lokal untuk sebaik-baiknya bagi kesejahteraan rakyat.

Anggota Bimtek BNPP, Bambang Suwignyo, Ph.D., mengatakan bimtek ini dalam rangka penguatan kapasitas petani di daerah perbatasan untuk menuju kedaulatan pangan melalui konsep pertanian terpadu. Selain itu, menekankan perlunya optimalisasi pemanfaatan ternak sebagai penghasil pupuk organik dan ketersediaan limbah pertanian sebagai pakan ternak. 

Prof. Ali Agus menyampaikan Bimtek pada daerah perbatasan ini adalah untuk memperkuat hadirnya negara pada daerah perbatasan. Hal ini sangat penting sehingga tidak hanya skill yang akan diperoleh masyarakat perbatasan namun juga menyentuh aspek afektif sebagai warga negara. 

"Semoga dari aktivitas pertanian terpadu ini mampu mengokohkan nasionalisme warga perbatasan sehingga semakin bersemangat untuk berkontribusi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional dengan bersinergi bahu-membahu dalam semangat gotong royong,”kata Ali. (*)
 

UGM

BERITA REKOMENDASI