UGM Terbaik dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran

YOGYA (KRjogja.com) – UGM dinobatkan sebagai PTN-BH (Badan Hukum) dengan rapor terbaik dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Semester 1 tahun Anggaran 2016. Predikat tersebut diperoleh setelah Kemenristekdikti menilai beberapa aspek meliputi capaian kinerja anggaran dan fisik, progres pelaporan perjanjian kinerja serta progres status pengadaan barang dan jasa.

“Evaluasi dilakukan per semester oleh pihak Kemenristekdikti,” papar Direktur Perencanaan dan Pengembangan UGM, Muhammad Sulaiman, S.T., M.T., D.Eng, Selasa (9/8/2016).

Sulaiman menambahkan untuk capaian anggaran UGM telah mencapai 55,24%. Sedangkan untuk capaian kinerja fisik telah mencapai 55,00 persen. Dengan hasil yang diperoleh ini UGM akan mengoptimalkan kinerja pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran di semester berikutnya.

“Akhir tahun ini semoga bisa mencapai 95 persen,” paparnya.

Senada dengan itu, Direktur Keuangan UGM, Drs. Haryono, M.Com., Akt., menilai serapan anggaran UGM cukup optimal salah satunya disebabkan adanya fasilitas dana talangan dari universitas. Haryono mencontohkan dana talangan penelitian bagi dosen. “Hibah penelitian dosen biasanya Mei baru turun. Kita beberapa bulan misalnya sudah bisa memberi dana talangan dulu agar penelitian berjalan,” papar Haryono.

Haryono menegaskan adanya fasilitas dana talangan memang difokuskan pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar bisa berjalan optimal. Terkait penelitian (riset), kata Haryono, menjadi perhatian karena akan mendongkrak jumlah publikasi di jurnal.

“Kita pro aktif tetapi tetap sesuai koridor dalam menjalankan program dan kegiatan,”kata Haryono. (Humas UGM/*)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI