UGM Viar Sepakat Buat Motor Listrik

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – UGM dan PT Triangle Motorindo yang membawahi Viar sepakat menjalin kerjasama pembuatan motor listrik Selasa (8/11/2016). Kerjasama tersebut nantinya berlaku selama lima tahun untuk pengembangan motor listrik jenis Viar Pulse dan Q1.

Prof. Dr. Suratman, M.Sc Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengatakan kerjasama dengan Viar tersebut nantinya meliputi penelitian sektor engine, controller, Baterry Management System dan baterai. Menurut dia, kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kandungan komponen lokal dalam motor-motor listrik pabrikan.

"UGM berharap kerjasama ini bisa mewujudkan komponen lokal untuk motor listrik pabrikan dan tentu saja berdampak pada hal-hal positif lainnya. Kami sangat antusias dengan kerjasama ini dan semoga semuanya berjalan lancar kedepan," ungkapnya.

Pernyataan antusias juga disampaikan Ignatius Kartiman Presiden Direktur PT Triangle Motorindo yang mengaku melihat UGM sebagai salah satu universitas dengan riset kendaraan listrik termaju di Indonesia. Menurut dia, riset tersebut sangat bermanfaat bagi Viar yang memang tengah mengejar produksi motor berbahan bakar energi listrik.

"Riset di kampus seharusnya memang diimplementasikan dalam dunia usaha dan kami rasa ini salah satu kerjasama yang membuat hal tersebut benar-benar terjadi. Semakin banyak komponen lokal berkualitas dan semakin terlihat manfaat universitas," ungkapnya.

Selama ini Viar masih mengalami kendala pengembangan motor listrik pada lamanya pengisian baterai. Diharapkan UGM mampu melakukan riset dan mengatasi permasalahan tersebut hingga percepatan produksi bisa terlaksana. (Fxh)

 

 

UGM

BERITA REKOMENDASI