UII Gelar Workshop FreeRadius

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRJogja.com) – Meski sudah hampir 15 tahun digunakan di dunia, namun keikutsertaan perguruan tinggi di Indonesia dalam jejaring eduroam masih sangat minim. Karena dari sekitar 4.000 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia, baru ada tiga universitas yang menggunakan sistem ini yakni ITB, UII dan UGM. 

Sementara UII bersama dengan ITB adalah National Roaming Operator eduroam Indonesia yang memiliki tanggungjawab menghubungkan eduroam Indonesia dengan eduroam seluruh dunia. Untuk setiap negara, biasanya National Roaming Operator hanya dua perguruan tinggi. 

Wakil Kepala Badan Sistem Informasi (BSI) UII Muhammad Andri Setiawan PhD mengemukakan hal tersebut dalam jumpa pers di sela Workshop 'Pengembangan Layanan Eduroam di Lingkungan Perguruan Tinggi di Indonesia' di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat GBPH Prabuningrat Kampus UII Jl Kaliurang Km 14,5, Rabu (20/9). Kegiatan diselenggarakan dua hari dan diikuti pelbagai utusan sistem informasi pelbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan workshop, ujar Andri, diharapkan perguruan tinggi akan mengenal sistem ini dan tidak akan mengalami kesulitan berarti sebelum bergabung dengan eduroam. "Kendalanya sistem ini belum memasyarakat di kalangan perguruan tinggi  adalah mereka tidak mengenal konsep dan sistem eduroam, sehingga belum menggunakan," jelas Andri. 

Meski hal ini diakui bukan hanya fenomena Indonesia karena juga dialami beberapa negara lain. Padahal menggunakan sistem ini banyak kelebihan yang bisa diperoleh civitas akademika dan juga lembaga riset.Karena ketika berada di dalam atau luar negeri yang sudah menggunakan sistem eduroam, smartphone dan laptop kita sudah otomatis terkoneksi tanpa harus bertanya-tanya password," jelas Andri.

Malaysia, sebutnya adalah contoh nyata. Karena setelah sosialisasi sekitar tiga tahun, konsep ini baru bisa diterima dan kini diterapkan hampir di seluruh perguruan tinggi di Malaysia.

Di Indonesia, ujarnya, sistem ini belum sampai setahun dimanfaatkan. Yang pertama ITB menggunakan menjelang akhir tahun 2016. UII sendiri disebut Andri baru sejak Maret 2017, Di dunia, yang pertamakali menggunakan adalah Belanda pada 2003 silam. Namun dibandingkan dengan Eropa, sebut Wakil Kepala BSI UII, Amerika juga termasuk tertinggal dalam menggunakan sistem ini, karena baru sesudah tahun 2010 menggunakan eduroam. (Fsy)

UII

BERITA REKOMENDASI