UIN Sunan Kalijaga Gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2018

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 250 SMU/SMK/MA, Pesantren Muadalah  se-DIY mengikuti sosialisasi Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2018 di Gedung Prof RHA Soenarjo SH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis (15/2).

Hadir dalam kesempatan ini Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD, Wakil Rektor Bidang Akademik dan pengembangan Lembaga Prof Dr H Sutrisno MAg, Wakil Rektor Bidang  Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan Dr Phil Sahiron MA, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Dr Ridwan dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY Nadif SAg MSi.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi mengatakan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012, pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. 

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMU/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari satuan pendidikan tersebut maksimum tiga tahun terakhir.

Pada kesempatan tersebut Prof Yudian berharap, semakin banyak lulusan MA/MAK/SMU/SMK/Pesantren Muadalah yang mantap melanjutkan studi di kampus PTKIN, khususnya UIN Sunan Kalijaga. Pihaknya bertekad akan mendidik generasi penerus bangsa sebagai muslim yang Pancasilais dengan ciri khas memiliki keahlian unggul di bidang keilmuan, berfaham Islam moderat dan memiliki keahlian berbahasa asing. Sehingga mudah menyesuaikan diri dan aktif berperan dalam dunia global di manapun berada.

"Kami akan bentengi mahasiswa agar tidak terbawa arus pemahaman Islam yang fundamentalis maupun radikalis, apalagi sampai melawan negara," tegas Yudian. (Feb)

BERITA REKOMENDASI