UIN Sunan Kalijaga Kirim 12 Mahasiswa PPL Dan Riset Ke Luar Negeri

Editor: KRjogja/Gus

Minat mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan riset di luar negeri terus meningkat. Kegiatan PPL internasional ditujukan untuk meningkatkan keterampilan konseling bagi mahasiswa calon konselor sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan global.

Ada 12 mahasiswa yang mengikuti PPL internasional untuk ditempatkan di tiga lokasi yang berbeda di negara Malaysia, yakni Pertama, tiga orang mahasiswi di Yayasan Pondok Pesantren Al Jenderami, Kedua, empat orang mahasiswi di Bagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia dan Ketiga, lima orang mahasiswa di Majlis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia.

“Kami berharap mahasiswa ini bisa menjadi role model bagi mahasiswa di kampus ini untuk mempunyai wawasan luas sesuai bidang keahliannya. Mungkin tahun ini mereka bisa berkomunikasi dan berperan di lingkup ASEAN, ke depan bisa sampai benua Eropa atau Amerika.” Tutur Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag. saat melepas pemberangkatan program PPL internasional di UIN Sunan Kalijaga, Kamis (27/9) kemarin.

Ketua Prodi BKI, A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si mengatakan kegiatan PPL BKI Internasional tahun 2018 ini adalah kegiatan keduakalinya, setelah tahun 2017 memberangkatkan tiga orang mahasiswi PPL Internasional di Aljenderami, selama satu bulan penuh. “ Mereka akan melakukan praktik konseling sekaligus melakukan penelitian untuk tugas akhir skripsi di tempat mereka PPL.” Kata Said dalam rilisnya.

Said menambahkan, kegiatan ini sebagai ajang berbagai informasi dan pengetahuan serta pengembangan kompetensi melalui pengalaman internasional. Bahkan berkat program ini pula kita berhasil menjaring mahasiswa baru dari Thailand dan Malaysia yang tertarik untuk masuk di Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SunanKalijaga.

“Kedepan PPL Internasional ini akan dilaksanakan di dua Negara yakni Thailand dan Malaysia. Di Thailand sudah mendapat lokasi baru di daerah Pattani sedangkan di Malaysia lokasinya tetap. Harapan kami tahun depan akan bertambah mahasiswa yang ikut progam PPL Internasional.” Ujar Said.

Sementara itu, Barokah Mamah mahasiswa BKI UIN Sunan Kalijaga asal Thailand yang ikut program PPL internasional mengungkapkan alasannya untuk ikut kegiatan ini untuk menambah wawasan konseling bidang keluarga. “ Problem keluarga muncul dari kondisi orang tua, agar terhidar dari perceraian.” ucap Mamah yang bertugas di Majlis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia.

Kasmi mahasiswa BKI UIN Sunan Kalijaga menjelaskan kita butuh persiapan untuk ikut program ini jauh hari. Bahkan syaratnya sudah mempunyai proposal skripsi yang jelas dan sudah diseminarkan. “ Di sana selain melakukan PPL sesuai sistem kredit semester, kami juga melakukan riset untuk menyusun skripsi” kata Kasmi yang bertugas di Pusat Kaunseling Universiti Putra Malaysia. (Khabib-humas)

BERITA REKOMENDASI