UJB Resmi Daftarkan Karya, Peta Tourist Destination Management Kawasan Wisata Gunungkidul

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta resmi mendaftarkan tiga hasil karya berupa peta tematik kawasan wisata Gunungkidul. Peta hasil karya UJB tersebut adalah Peta Global Rating Pengunjung Wisata Tahun 2021 Berbasis Lokal Wisata di Kabupaten Gunungkidul, Peta Jumlah Wisatawan Nusantara Tahun 2019 Per Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, dan Peta Jumlah Wisatawan Mancanegara Tahun 2019 Per Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.

Pemilik hak cipta Dr Nindyo Cahyo Kresnanto ST MT, Kamis (20/1/2022) menuturkan, proses pemetaan tematik di kawasan Gunungkidul tersebut telah mempertimbangan beberapa faktor seperti turis mancanegara, wisatawan nusantara, serta menggunakan global rating. Nindyo juga menuturkan hal ini dilakukan sebagai salah satu luaran dari program riset keilmuan ‘Optimasi Penggunaan Big Data, Pemodelan Transportasi, dan Pendekatan Tourism Destination Management Organization (TDMO) untuk Meningkatkan Ketangguhan terhadap Dampak Sosio-Ekonomi Covid-19’ yang didanai LPDP.

Wika Harisa Putri SE SH MSc MEI, selaku Ketua Program Riset Keilmuan menyebutkan bahwa riset ini dilakukan untuk memetakan potensi wisata dengan tujuan utama meningkatkan ketangguhan terhadap dampak sosio-ekonomi Covid-19 khusunya di kawasan wisata Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan anggota dosen peneliti riset keilmuan ini, Eri Haryanto SKom MKom menuturkan, pihaknya akan melakukan banding pemetaan manual berdasarkan rating google dengan bigdata yang dimiliki khususnya di kawasan wisata Kabupaten Gunungkidul guna menentukan kawasan wisata mana yang menjadi pusat perhatian turis mancanegara maupun nusantara. (Dev)

BERITA REKOMENDASI