UJB Yogya Berjaya, Presentasikan Hasil Penelitian di MFA Conference Malaysia

YOGYA, KRJOGJA.com – Jefry Lay, mahasiswa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Janabadra (UJB) mengukir prestasi membanggakan di tingkat internasional. Ia menjadi satu-satunya mahasiswa undegraduate yang artikel penelitiannya lolos pada Malaysian Finance Association Conference 2019 (MFA Conference 2019). Jefry Lay juga mempresentasikan hasil penelitiannya di konferensi tersebut di Sunway University, Selangor Kuala Lumpur Malaysia pada 31 Juli-1 Agustus 2019.

Mahasiswa asal Timor Leste ini meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi jalur karir mahasiswa akuntansi baik yang kelas reguler maupun internasional dari beberapa kampus di Indonesia. Selama menghadiri seminar di Malaysia, Jefry Lay didampingi dosen pembimbingnya sekaligus Wakil Rektor II UJB, Siti Rochmah Ika SE MSc Ak CA yang juga mempresentasikan makalahnya pada konferensi tersebut dengan judul 'Political Connection, Corporate Governance and Earnings Quality: Evidence from Indonesia'. Presentasi itu mendapat apresiasi dari Professor Iftekhar Hasan dari Fordham University, managing editor Journal of Financial Stability.

MFA Conference merupakan even tahunan asosiasi bidang keuangan di Malaysia. Konferensi bereputasi tinggi ini dihadiri para paraktisi dan akademisi bidang keuangan dan akuntansi, seperti Professor Robert F Faff dari University of Queensland, Professor Kabir Hassan dari University of New Orleans, pakar islamic finance dan Professor Ray McNamara dari James Cook University. Tahun ini terdapat 180 paper dari 21 negara yang berhasil lolos untuk dipresentasikan.

Kaprodi Akuntansi UJB Wika Harisa Putri MSc MEI mengatakan, selama beberapa tahun ini Prodi Akuntansi UJB selalu rutin mengirimkan artikel penelitian mahasiswa di berbagai seminar nasional dalam negeri bereputasi seperti konferensi regional akuntansi, seminar nasional akuntansi dan seminar ISEI. "Tahun ini penelitian dosen dan mahasiswa bisa lolos ke konferensi internasional bereputasi, ini menjadi kebanggaan" kata Wika kepada KRJOGJA.com, Minggu (4/8/2019) yang juga diamini oleh Dekan FE UJB Nurwiyanta SE MM.

Sementara itu, Wakil Rektor I UJB, Dr Eng Mochamad Syamsiro mengatakan, tren penelitian dan prestasi mahasiswa UJB meningkat dari tahun ke tahun sejalan dengan program internasionalisasi universitas yang digagas Rektor UJB Dr Ir Edy Sriyono MT. Begitu juga dengan penelitian dan publikasi dosen yang terus meningkat khususnya di level internasional yang terindeks scopus. (Dev)

BERITA REKOMENDASI