UKM Ristek ‘Dewantara’ Dorong Budaya Riset Mahasiswa

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FKIP UST) terus didorong untuk memiliki budaya penalaran dan riset/ penelitian. Salah satu wadah organisasi yang telah disediakan bagi mahasiswa yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa, Riset dan Teknologi (UKM Ristek) ‘Dewantara’ FKIP UST.

Wakil Dekan III FKIP UST, Dr Arif Bintoro Johan MPd mengatakan, pihak kampus terus memberi dukungan, pendampingan dan apresiasi untuk setiap kegiatan yang memberikan kontribusi positif berupa wawasan dan kecakapan handal bagi mahasiswa. Sehingga diharapkan mahasiswa UST mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi PTN dan PTS di luar.

“Salah satu wujud dukungan dan pendampingan itu dengan mencetuskan UKM Ristek Dewantara,” terang Arif didampingi Pembina UKM Ristek Dewantara, Widodo MPd kepada KRJOGJA.com di Kampus UST Yogyakarta, Jumat (14/2/2020). Adapun pembentukan UKM Ristek FKIP UST pada 7 Januari 2020, sedangkan pelantikan pengurusnya pada 7 Februari 2020 kemarin, dilantik oleh Dekan FKIP UST Ki Nanang Bagus Subekti MEd setelah mendapat arahan dari Wakil Rektor III UST Ki Drs Widodo Budhi MSi.

Widodo menambahkan, kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa perlu diaplikasikan dalam gagasan ide dengan luaran lomba karya tulis. Seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan kolaborasi project mahasiswa internasional (student exchange). Selain itu wirausaha startup, lomba teknologi tepat guna, desain dan Kompetisi Pesawat Terbang Indonesia.

“Mahasiswa dituntut cakap dalam aktualisasi diri baik prestasi akademik dan nonakademik. Percepatan prestasi di bidang penelitian, kewirausahaan dan teknologi perlu sinergi dan kolobarasi mahasiswa lintas prodi dan dosen, sehingga punya dampak yang praktis,” kata Widodo. (Dev)

BERITA TERKAIT