UMBY Ajak Murid SMK Teliti Gizi Makanan

SLEMAN (KRjogja.com) – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar penelitian bersama siswa dari SMK N 1 Sanden Bantul dan SMK N 1 Temon Kulonprogo di Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian UMBY 14-17 November 2016. Penelitian yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menganalisis kadar air, abu dan protein dalam bahan-bahan makanan yang dikonsumsi manusia. 

Ahli Pangan UMBY Prof Dwiyati Pujimulyani kepada wartawan Senin (21/11/2016) mengatakan penelitian tersebut cukup penting dilakukan mengingat selama ini para siswa dinilai cukup jarang melaksanakan praktek analisa langsung terhadap bahan-bahan pangan yang dikonsumsi. Padahal, menurut Dwiyati, kandungan yang ada di dalam bahan pangan mutlak wajib diketahui sehingga nantinya para siswa bisa memberikan rekomendasi terkait nilai gizi dalam makanan yang dikonsumsi. 

"Para siswa ini melakukan penelitian pada produk pangn tahu di mana didalamnya mengandung protein, abu dan air. Ketika sudah diketahui maka kemudian dibandingkan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), apakah sudah sesuai atau belum," ungkapnya. 

Sementara Siti Munawaroh, guru pendamping menambahkan pihaknya sengaja memilih UMBY sebagai lokasi penelitian mengingat adanya program dan fasilitas memadahi untuk kegiatan praktek para siswa. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI