UMBY Selenggarakan Food Conference

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Prodi THP) yang diwakili Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Konfrensi Ilmiah bertajuk ‘Inovasi Pangan Lokal untuk Mendukung Ketahanan Pangan’ Sabtu (28/4/2018).

Dalam agenda tersebut didiskusikan penelitian dan pengembangan pangan lokal sebagai salah satu unggulan nasionalprogram pembangunan.

Direktur Riset dan Pengabdian KEMENRISTEK DIKTI, Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc.,Ph.D  dalam pidato kunci memaparkan kajian di bidang pangan dan pertanian adalah prioritas nomor 1 dalam focus riset nasional periode 2017-2019. Menurut dia, kebijakan ini merupakan kesempatan emas bagi perguruan tinggi atau program studi yang ingin mengembangkan inovasi pangan berbasis bahan baku lokal.

“Peneliti atau mahasiswa yang melakukan penelitian bertemakan inovasi pangan atau pertanian akan mendapatkan perhatian lebih untuk didanai pemerintah. Pemerintah punya konsern untuk mengangkat bahan baku lokal,” ungkapnya.

Dr. Ir. Bayu Kanetro, Wakil Rektor I UMBY yang memaparkan hasil penelitian mengungkap pihaknya tengah mengangkat program pemberdayaan produsen growol yang telah dilaksanakan beberapa waktu terakhir.

“Kami di UMBY secara berkelanjutan telah melakukan pengembangan growol dan peningkatan kapasitas penghasil makanan tradisional khas Kulonprogo ini. Beberapa contohnya, analog berbasis growol, pengawetan growol dan growol aneka rasa dan bentuk,” ungkapnya.

Dari hasil penelitian yang dikirimkan oleh 59 peneliti dari 10 perguruan tinggi nasional dipresentasikan di dalam sesi panel. Tema pertanian dan peternakan yang mengedepankan sumber daya lokal nantinya akan dibukukan dan dipublikasikan dalam prosiding seminar nasional sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mengembangkan pangan lokal. (Fxh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI