UMP Bangkitkan Semangat Pendidikan Keluarga PKH

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Harapan para pelajar yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi kini semakin terbuka. Bahkan dari keluarga yang masuk pada Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Purworejo mendapat kesempatan melanjutkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP).

Hal ini terungkap dalam pelatihan peningkatan akses pendidikan keluarga PKH Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan di ruang seminar Kampus 3 UMP di Jalur Lingkar Barat Kelurahan Sucenjurutengah Kecamatan Bayan Purworejo, Sabtu (14/3/2020).

Dijelaskan, bahwa UMP melalui para tenaga penadamping akan memfasilitasi para pelajar atau anak dari kalangan keluarga PKH yang berminat untuk meraih pendidikan tinggi, termasuk kuliah di UMP akan difasilitasi. “Selama ini UMP juga menerima mahasiswa bidik misi. Namun karena program itu sudah tidak ada, maka kita tempuh program lainnya, termasuk program ayo kuliah yang sudah didengungkan namun belum diluncurkan,” katanya.

Kegiatan ini lanjut Rofiq Nurhadi, sekaligus sebagai jaring aspirasi, sehingga para peserta yang hadir bersama orang tuanya tentu mereka yang berminat untuk kuliah. Namun karena keterbatasan informasi dan ekonomi sehingga selama ini mereka belum tahu banyak tentang jalur-jalur kuliah yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk calon mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu termasuk kalangan keluarga PKH.

UMP katanya, juga akan membuka komunikasi seluas-luasnya kepada masyarakat dengan prioritas pelajar dari kalangan keluarga kurang mampu untuk bisa kuliah. “Maka kami bekerjasama dengan teman-teman pendamping agar bisa memfasilitasi mereka,” jelasnya.

Sementara itu Joko Purnomo SIP wakil dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah mengingatkan, agar jangan sampai ada anak tidak bisa sekolah tinggi hanya karena faktor keterbatasan ekonomi.(Nar)

BERITA REKOMENDASI