UMP Bangun Literasi Lewat Oemah Cendekia

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) meresmikan Program Oemah Cendekia di Kelurahan Kedungsari Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Selasa (22/9/2020). Program yang digagas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMP ditujukan untuk meningkatkan literasi anak-anak di desa/kelurahan sasaran.

Peresmian dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kedungsari dihadiri Rektor UMP Rofiq Nurhadi, Camat Purworejo Sudaryono, Lurah Kedungsari Tugiono, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo. Camat Sudaryono meresmikan Oemah Cendekia. Selain itu, UMP juga menyerahkan bantuan 50 paket sembako kepada anak keluarga kurang mampu di Kedungsari.

Oemah Cendekia merupakan ruang tempat belajar dan membaca yang disediakan mahasiswa di sebuah desa. “Untuk Kelurahan Kedungsari, kami membuat lima ruang belajar dan membaca. Pusatnya ada di rumah teman saya, yang kebetulan juga warga Kedungsari,” ungkap Ketua IMM UMP Elvani, kepada KRJOGJA.com.

Menurutnya, pendirian Oemah Cendekia merupakan solusi kegelisahan IMM UMP terhadap rendahnya budaya literasi generasi muda di Purworejo. Indikasi kurangnya literasi itu, lanjutnya, antara lain rendahnya minat baca anak.

BERITA REKOMENDASI