UMP Bangun Literasi Lewat Oemah Cendekia

Terlebih di masa pandemi dan pembelajaran beralih ke daring, lanjutnya, kebiasaan membaca anak berpotensi semakin menurun. “Maka kami mencoba menginisiasi sebuah tempat yang menjadi wadah anak-anak di desa untuk membaca dan belajar. Kami menyiapkan aneka buku, serta sarana permainan edukatif sehingga anak-anak betah, juga ada jadwal belajar dan mahasiswa UMP jadi tentornya,” terangnya.

Camat Purworejo Sudaryono mengatakan, pemerintah mengapresiasi pendirian Oemah Cendekia. Namun, Sudaryono berharap program tersebut berjalan secara kontinyu. “Harus terus berjalan, jangan sampai berhenti setelah diresmikan. Sebab ini adalah program yang hebat,” tuturnya.

Oemah Cendekia, katanya, merupakan peran nyata mahasiswa selaku agen perubahan. Mahasiswa membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi dan budaya membaca masyarakat.

Rektor UMP Rofiq Nurhadi mengemukakan, program tersebut merupakan bagian dari pengabdian masyarakat para mahasiswa. Kegiatan dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Menurutnya, Oemah Cendekia juga bagian dari program Kampus Merdeka yang dicanangkan pemerintah. “Lewat program itu kami sekalian tanamkan semangat edupreneuship kepada mahasiswa. Berbagai program yang itu menjadikan UMP kampus dengan program kreativitas terbanyak se Jawa Tengah,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI