UMS Bertahan di Posisi 8 Universitas Top Indonesia

SOLO,KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tetap berhasil bertahan menempati rangking 8 QS World University. Ini merupakan prestasi gemilang karena dalam tiga tahun terakhir mampu duduk sejajar dengan perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia seperrti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (IPB) dan Universitas Gaja Mada (UGM).

UMS satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang menembus papan atas. "Kami siap untuk memperbaiki agar posisinya semakin mantap dan bertahan. Kami ingin ke depan lebih baik lagi," kata Dr Sofyan Anif, rektor UMS didampingi Direktur Internasional Dr Supriyono dan Sekretaris Rektor Dr Anam Sutopo di ruang kerjanya, Jumat (9/6/2017).

Dalam penilaian QS tak saja bersumber dari perguruan tinggi, tapi juga melibatkan pihak luar menyangkut reputasi akadenik maupun penilaian alumni dari pihak perusahaan. "Porsi penilaian reputasi akademik mencapai 40 prosen. Ini penelian spesifik dari QS," tambah Supriyono. Disamping itu terkait publikasi ilmiah di jurnal terindeks scopus.

UMS menempati urutan 8 setelah UI, ITB, UGM, Unair, IPB, Undip, ITS dan UMS. Prestasi ini membanggakan karena UMS tidak mendapatkan subsidi dalam internasionalisasi. Posisi tersebut semakin menarik perhatian mahasiswa asing untuk studi ke UMS. "Dalam waktu dekat ada sejumlah mahasiswa baru dari Australia," ujar Sofyan Anif.

QS adalah lembaga perangkingan yang berpusat di Inggris. Selama ini cukup banyak staf pengajar yang menempuh studi S3 ke Inggris. Sementara dalam program doubel degree melakukan kerjasama dengan Kingstone University.(Qom)

 

UMS

BERITA REKOMENDASI