UMS Buka Progran Magang

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka program magang ke Jepang dengan gaji bersih Rp 14 juta/bulan. Untuk tahap pertama yang dikirim tenaga kesehatan terdiri keperawatan, kebidanan dan fisioterapi.

"Sebenarnya ada 55 bidang yang diminta. Untuk membuka program magang kami mengawali tenaga keaehatan," jelas Taufik, SPsi MSi PhD,, wakil rektor 3 UMS, Senin (13/08/2018).

Program magang ke Jepang selama 3 tahun. Setelah itu mereka bisa kembali sebagai tenaga profrsional dengan gani lebih besar Rpn27 juta/bulan.

Taufik mengatakan untuk bisa diterima mereka harus menguasai bahasa Jepang dengan standar N3. Sebagai persiapan UMS siap mendidik selama 9 sampai 12 bulan. Dalam satu tahun UMS dipatok bisa mengirim 1000 orang.

Untuk mengefektifkan pembelajaran setiap kelas diisi 20 orang. Sekarang sudah ada 27 orang yang berminat. Mereka dicatikan sumber dana pendamping dari bank untuk membiayai kursus.

Setelah di Jepang mereka akan membayar pinjamannya. Kebutuhan Jepang untuk tenaga magang sangat besar karena usia tua di sana lebih banyak.

Para perawat yang akan dikirim ditempatkan di rumah sakit. Mereka bukan sebagai TKI, tapi berstatus profesional. (Qom)

BERITA REKOMENDASI