UMS Dongkrak Akreditasi Prodi

SOLO, KRJOGJA.com – Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kini bekerja keras untuk mendongkrak akreditasi sejumlah program studi. Sejumlah upaya dilakukan guna memenuhi target ini

"Target kami dalam 2-3 tahun ke depan minimal 50 persen program studi baik S-2 maupun S-3 sudah terakreditasi A. Sementara ini baru sekitar 30 persen," tutur Direktur Sekolah Pasca Sarjana UMS Prof Dr Bambang Sumardjoko, Selasa (23/01/2018).

Selain meningkatkan akreditasi, lanjut Prof Bambang, pihaknya juga tengah berupaya membuka program studi baru baik S-2 maupun S-3. Diantaranya program Magiter Pendidikan Bahasa Inggris dan dua program S-3 Pendidikan Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pendidikan. "Sekarang sudah kami ajukan, tinggal menunggu persetujuan."

Prof Bambang menjelaskan semangat pembukaan program studi baru didasarkan pada kebutuhan. Ini bisa dilihat dari program baru yang dibuka langsung diminati masyarakat. Dicontohkan Program Magister Pendidikan Dasar yang baru saja dibuka sudah ada 30 orang yang mendaftar. Begitu juga kita membuka program S-3 Pendidikan Agama, dalam semester pertama tercatat 28 mahasiswa.

Prof Bambang menyebutkan dari Fakultas Kedokteran sekarang juga telah merintis membuka program Magister Manajemen Rumah Sakit. "Kami baru saja bertemu dekan FK yang menyatakan siap mengajukan program magister," ujarnya. Semua fakultas yang ada oleh Prof Bambang didorong untuk menyiapkan pembukaan program baru baik S-2 maupun S-3.

Di tengah upaya menambah program studi baru, ia tak mau program studi yang sudah ada stagnan, apalagi menurun. Karena itu semua didorong untuk meningkatkan kualitas, agar semua bisa meningkat terakreditasi A. Untuk meningkatkan status ini, selain memperbaiki sarana dan prasarana yang ada juga mendorong peningkatan riset dan penulisan jurnal internasional.

"Untuk sarana dan prasarana tidak ada masalah. Sekarang kami terus memacu riset dosen dan penulisan jurnal agar dalam waktu yang tidak lama ada peningkatan akreditasi," tambah Prof Bambang Sumarjoko. (Qom)

BERITA REKOMENDASI