UMS Siap Cetak 60 Guru Berkualitas

SOLO, KRJOGJA.com – Dari 68 LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) di lingkup Muhammadiyah, ada 8 yang mendapat tugas melaksanakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Bersubsidi, salah satunya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada angkatan pertama UMS mendapatkan jatah 60 orang yang siap dididik menjadi guru yang berkualitas.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS Prof Dr Harun Joko Prayitno mengatakan peserta PPG Pra Jabatan lebih banyak akan diterjunkan di lapangan. "Penguatan teori tetap ada, tapi mereka lebih diberi bekal lapangan. Kami telah mendesain PPG lebih banyak di lapangan," jelasnya di Gedung Siti Walidah UMS, Sabtu (14/10).

Prof Harun ingin output PPG Pra Jabatan Bersubsidi dari LPTK di lingkup Muhammadiyah sama. "Kami ingin senua punya standar mutu kelulusan yang sama," ujarnya. Karenanya sebagai Ketua Asosiasi LPTK ia siap melakukan pembicaraan dengan Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang PP Muhammadiyah untuk membicarakan hal itu.

PPG Pra Jabatan diperuntukkan bagi lulusan fresh graduate. Mereka mendapatkan subsidi Rp 7,5 juta yang dalam proses pendidikan tidak diasrama. Meski tidak asrama Prof Harun optimis mampu menguatkan profesi guru dalam waktu saru tahun. Mereka akan dibrkali agar bisa tampil di kelas dengan tenang dan mampu mengajar peaerta didik dengan jelas. (Qom)

BERITA REKOMENDASI