UMY Luncurkan ‘Cafe 1912’

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan 'Cafe 1912', Senin (30/12/2019). Dibangun di sisi utara kampus, kafe yang berdiri di lahan seluas 965 meter persegi ini didesain tiga lantai dengan konsep elegan berdinding kaca. Ditargetkan pembangunan kafe di dalam kampus ini akan rampung dikerjakan pada 1 Februari 2019 mendatang.

Kafe ini dibangun berangkat dari kebutuhan mahasiswa akan suasana nyaman untuk belajar saat berada di dalam kampus. Sehingga nantinya kegiatan perkuliahan tak hanya sebatas dilakukan di dalam kelas saja melainkan dapat pula dikerjakan di kafe.

Seperti dikatakan Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, kebiasaan mahasiswa saat ini berbeda. Jika dahulu kegiatan perkuliahan dilakukan mahasiswa dengan masuk kelas lalu mendengarkan materi dari para dosen, namun beberapa tahun ini kebiasaan tersebut mulai bergeser dengan suasana yang santai dan tidak formal.

“Kemajuan zaman saat ini di era digital, kita kembangkan konsep kampus tanpa dinding. Artinya kapan pun juga mahasiswa ingin bertanya kepada dosennya maupun memeriksakan pekerjaannya, itu tidak bergatung kepada waktu kuliah dan bisa dikerjakan di kafe ini,” kata Gunawan Budiyanto disela pregress report dan peluncuran 'Cafe 1912' di kampus setempat.

Untuk kenyamanan mahasiswa, rencananya kafe ini akan buka mulai jam 07.00 – 22.00 WIB. Tempat ini nantinya juga dikonsep sebagai ruang rapat, co-working space, tempat menerima tamu undangan dan dengan didukung jaringan internet yang kuat.

Gunawan Budiyanto berharap dengan adanya fasilitas kafe di dalam kampus dapat mendukung serta meningkatkan minat belajar para mahasiswa. Selain itu proses perkuliahan juga diharapkan dapat berjalan lebih nyaman karena dosen dan mahasiswa bisa saling bertemu di tempat ini.

Dalam peluncuran ini dilakukan pula penandatanganan MoU antara UMY dan Bank BPD DIY Syariah. Penandatangan dilakukan langsung Rektor UMY dan Direktur Umum (Dirut) Bank BPD DIY, Santoso Rohmad. (Van)

BERITA REKOMENDASI