Undip Miliki 2 Guru Besar Baru, Ilmu Hukum dan Nuklir di Laut

SEMARANG,KRJOGJA.com – Undip menambah jumlah guru besarnya menyusul Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama MHum mengukuhkan 2 guru besar (gunes) baru Undip Prof Dr Eko Soponyono SH MH menjadi guru besar bidang hukum Fakultas Hukum Undip dan Prof Ir Muslim MSc PhD sebagai guru besar ilmu kimia perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip di Gedung Pascasarjana Undip, .

Prof Eko Soponyono lewat pidato pengukuhan berjudul 'Hikmah Alquran dalam Pembaruan Hukum Pidana demi Mewujudkan Keadilan Religius'  menyatakan konsep berpikir tentang hikmah alquran/alquran wisdom/kegeniusan alquran yang dibuat dan diturunkan Tuhan yang 'Maha Genius' kepada rasul nabi Muhammad SAW dalam pembaharuan hukum pidana (akhlah mulia, permaafan dan keadilan religius) bertujuan untuk mewujudkan kedailan religius. 

Dengan membaca dan memahami serta meneliti dan mengaplikasikan ilmu Allah SWT dalam hikmah Alquran adalah jaminan atas nilai tsiqah (kepercayaan penuh) dalam etika pergaulan hidup di antara manusia.

Prof Ir Muslim lewat pidato “Radionuklida laut (nuklir di laut): sumber, distribusi dan dampaknya bagi kehidupan” menegaskan perairan Indonesia saat ini masih sangat aman ditinjau dari tingkat aktivitas radiasi nuklirnya. Namun Indonesia tidak boleh berhenti meneliti dan mengawasi wilayah lautnya karena negara-negara sekitar Indonesia sudah mulai banyak yang menggunakan tenaga nuklir. Selain itu Indonesia harus memiliki peta distribusi tingkat aktivitas nuklirnya sebagai baseline.  (sgi)

BERITA REKOMENDASI