Unimus Pentaskan ‘Siti Nurbaya’ Berbahasa Inggris

SEMARANG,KRJOGJA.com – Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA)  Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan pementasan teater berbahasa Inggris di Ruang Teater Gedung Kuliah Bersama Unimus Jumat malam (18/1/2020).

Pementasan tersebut sebagai agenda rutin sekaligus tugas akhir mata kuliah Teater. Seperti pementasan-pementasan sebelumnya, konsep teater ini adalah teater alih wahana yang mengalihwanakan karya sastra genre lain dalam bentuk karya sastra drama. Kali ini, mahasiswa mengadaptasi roman legendaris "Sitti Nurbaya" karya Marah Rusli.

Pementasan yang dimulai pukul 19.00 ini dimeriahkan pula beberapa penampilan seni musik dari civitas akademika Sastra Inggris.

Sitti Nurbaya dan Datok Maringgih diperankan secara apik oleh Umi Khaerozah dan Zaenal Arifin, sedangkan Samsul Bahri diperankan oleh Cipto Saputro, yang juga atlet timnas Panjat Tebing. Sebagai karya alih wahana, storyline mengacu pada cerita yang sudah ada namun dengan beberapa adaptasi berupa  penambahan, pengurangan, dan pengubahan isi cerita, serta pengalihbahasaan yang menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa.

Ketua program studi Sastra Inggris FBBA Unimus Heri Dwi Santoso mengatakan ke depan, teater Sastra Inggris Unimus akan selalu menampilkan karya-karya alih wahana yang sudah menjadi ciri khas dari program studi ini. Pementasan berlangsung meriah dan ramai pentonton ditandai dengan tidak beranjaknya penonton sampai pertunjukan usai. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI