Unissula – RUAS Belanda Teliti Penanganan Banjir dan Rob

SEMARANG,KRJOGJA.com – Empat mahasiswa pascasarjana dari Roterdam University Applied Science (RUAS) Belanda bekerjasama dengan Fakultas Teknik Sipil Unissula Semarang selama beberapa bulan ini melakukan penelitian bersama terkait dengan penanganan masalah banjir dan rob di Kota dan Kab Pekalongan.

Di bawah bimbingan dosen dari RUAS dan Prof Dr Imam Wahyudi DEA dari Unissula, mereka meneliti rencana tanggul yang sedang dibangun di Pekalongan serta polder atau kolam retensi dan mengajukan sejumlah saran tindak lanjut hasil penelitiannya.

Di antaranya perlu pembangunan sejumlah “water square” atau “lapangan air serba guna” sebagai penampung air banjir di musim hujan dan sebagai tempat atau taman bermain anak saat musim kemarau atau saat tidak banjir. Juga menyarankan keramba–keramba ikan di bagian laut lepas (di luar tanggul laut sepanjang 8 km) tetap difungsikan sedangkan di bagian sisi dalam tanggul bisa untuk kolam air tawar nantinya.

Empat mahasiswa ini Indigo Janneke Mies Sadon, Joost Christian Brouwer, Max Robert Donck dan Sofie Van Der Wielen Kamis sore (29/11/2018) melakukan presentasi seminar di kampus Unissula Semarang langsung direspon lewat teleconference dengan RUAS Belanda. Seminar dibawah supervisi Prof Imam Wahyudi DEA dan sejumlah pejabat Kota/Kab Pekalongan termasuk Plt Kepala Dinas DPU Kota Pekalongan Slamet Mulyo.   (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI