Universitas Terbuka Diminati ‘Fresh Graduate’

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Terbuka (UT) semakin dimintai lulusan SMA sederajat (fresh graduate). Hal itu dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa baru lulusan SMA, setiap tahunnya.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Yogyakarta Dra Diah Astuti MSi mengatakan, jumlah mahasiswa baru lulusan SMA tahun ini sebanyak 800 orang, lebih tinggi dibanding tahun lalu sebanyak 700 orang. 

"Tren positif ini tak lepas dari mulai pahamnya masyarakat tentang pendidikan di UT yang menawarkan keluwesan dalam belajar," terang Diah kepada wartawan disela acara puncak Dies Natalis ke-33 UT di Kampus UPBJJ UT, Jalan Bantul Mantrijeron Yogyakarta, Senin (4/9/2017).

Menurut Diah, dengan sistem belajar jarak jauh, banyak keuntungan yang dirasakan mahasiswa, terutama tetap bisa bekerja. Budaya belajar secara mandiri ini ternyata juga berpengaruh positif dalam dunia kerja, menjadikan lebih kreatif dan tidak menunggu perintah. "Salah satu yang terpenting yang mungkin belum diketahui publik, UT ini merupakan perguruan tinggi negeri," ujarnya.    

Koordinator Registrasi & Pengujian UPBJJ UT Yogyakarta Drs Rahardiono menambahkan, untuk berkuliah di UT sangat mudah, syaratnya cukup menunjukkan ijazah SMA dan tanpa tes. Selain itu, di UT tidak mengenal drop out, karena belajarnya dilakukan secara mandiri, sehingga target lama studi yang merencanakan mahasiswa sendiri.  "Siapapun bisa berkuliah di UT, tidak mengenal usia, dan biayanya cukup murah," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI