Universitas Terbuka Jawara Festival Integritas Kampus

SLEMAN (KRjogja.com) – Universitas Terbuka raih juara pertama pada Festival Integritas Kampus (FIK) 2016 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Universitas Terbuka berhak membawa pulang hadiah Rp15 juta pada penganugerahan FIK 2016 di Auditorium FISIP UAJY, Rabu (23/11/2016).

Tema ‘Jujur Ora Ajur’ yang dibawakan oleh tim dari Universitas Terbuka tersebut berhasil meraih nilai 91,3, unggul 8,3 poin dari posisi kedua. ‘Jujur Ora Ajur’ berarti jujur tidak akan hancur, tema itu diangkat dengan mengkritisi tema yang cakupannya luas. 

‘Jujur Ora Ajur’ berusaha menganilisis sistem e-learning yang terdapat di Universitas Terbuka. Meskipun semuanya serba e-learning, tetapi masih terdapat celah-celah yang bisa dianalisa, antara lain seperti plagiasi, korupsi waktu dan copy remark. Dari situlah tim yang terdiri dari 19 mahasiswa Universitas Terbuka tersebut membawakan tema ‘Jujur Ora Ajur’.

Yasmine Nuryanti Agustiya (29) yang merupakan ketua tim tersebut tidak menyangka menjadi juara satu. Bahkan, selama ini mahasiswa Universitas Terbuka hanya berpikir tentang nilai akademis, sehingga tidak mengikuti kegiatan yang bersifat non akademik. 

Tim yang diberi nama ‘Ikuti Yok!’ ini pun berusaha membuat branding bahwa mahasiswa Universitas Terbuka memiliki kompetensi dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain. "Kami berusaha membuat branding bahwa mahasiswa Universitas Terbuka juga bisa memiliki kompentensi dan dapat berkompetisi dengan perguruan tinggi lain,” ujar Yasmine.

Dalam penganugerahan  FIK 2016 tersebut, Juara II dan Juara III di borong Universitas Atmajaya Yogyakarta masing-masing dengan karya ‘Lagban Tikus’ dan ‘Proud To Be Me’.  (Mg-10)

BERITA REKOMENDASI