UNNES Terapkan Uang Pangkal yang Adil

 SEMARANG,KRJOGJA.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menyelenggarakan tes masuk jalur SNMPT dan SBMPTN, dan saat ini masih ada satu jalur lagi yaitu SM atau seleksi mandiri yang pendaftarannya 10 Mei-25 Juni 2018.

Ka UPT Humas Unnes Hendi Pratama MA kepada pers di kampus setempat, Senin (04/06/2018) menyatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 39 Tahun 2017, perguruan tinggi negeri (PTN) diperbolehkan memberlakukan uang pangkal bagi peserta yang lolos seleksi mandiri. Tidak hanya itu, peraturan tersebut juga membolehkan pemberlakuan uang pangkal pada kelas mahasiswa asing, kelas internasional dan kelas kerja sama.

“Uang pangkal adalah biaya yang dikeluarkan mahasiswa hanya satu kali saja selama masa studi dan biasanya uang tersebut dibayarkan di awal perkuliahan. Guna meningkatkan nilai keadilan dan kemanusiaan atas pemberlakuan uang pangkal ini maka UNNES memberlakukan beberapa ketentuan khusus," kata Hendy.

Hendy menjelaskan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 204/PMK.05/2016, UNNES memiliki lima golongan uang pangkal disesuaikan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Mahasiswa dari golongan ekonomi I membayar Rp 5 juta, golongan II Rp 10 juta, golongan III Rp 15 juta, golongan IV Rp 20 juta, dan golongan V Rp 25 juta rupiah.

Menurut Hendi, kebijakan lain dari UNNES yang sangat meringankan mahasiswa jalur SM adalah pemberlakuan dispensasi bagi mahasiswa miskin berprestasi yang dapat mengajukan dispensasi kepada Rektor untuk mendapatkan uang pangkal 0 rupiah. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI