UNS Anugerahkan Doktor HC Pada Jamdatun Bambang Setyo Wahyudi

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDATUN) Bambang Setyo Wahyudi SH MM mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Gelar Doktor Kehormatan ini akan diserahkan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS di auditorium kampus Kentingan Solo, Sabtu (17/9).

Sebelum diserahkan Bambang akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Peran Kejaksaan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam Pemulihan dan Penyelamatan Kekayaan Negara Akibat Tindak Pidana Korupsi. Gelar Doctor Honoris Causa yang diberikan Jamdatun ini adalah yang keempat.

" Bambang Setyo Wahyudi alumni Fakultas Hukum UNS 1977. Dia tercatat sebagaibl alumni berprestasi. Kami bangga punya alumni berprestasi. Dan sekarang penghargaan kami tingkatkan menjadi Doctor Honoris Causa," jelas Prof Ravik. Menristekdikti menyetujui keputusan senat UNS memberikan penghargaan bidang akademik tertinggi kepada Bambang Setyo Wahyudi.

Prof  Ravil menjelaskan selain sebagai alumni, pria kelahiran Kediri 58 tahun silam ini dinilai berhasil membangun paradigma baru dalam mewujudkan peran dan fungsi Kejaksaan RI. Ia adalah seorang konseptor yang kuat dalam mendorong fungsi kejaksaan agar tidak hanya mengedepankan pendekatan represif, tetapi juga menjalankan fungsi preventif (pencegahan) bagi tindak pidana korupsi.

"Hal itu antara lain ditempuh melalui kebijakan pendampingan berbagai instansi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, sehingga tidak perlu terjadi kriminalisasi terhadap kebijakan yang dibuat oleh Pejabat Tata Usaha Negara," jelasnya.

Pengembangan paradigma baru yang telah berhasil dilakukan, maka UNS memandang  perlu mengapresiasi kepada Bambang Setyo Wahyudi dengan memberikan gelar Doktor Kehormatan di bidang Ilmu Hukum, khususnya Perdata dan Tata Usaha Negara.- (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI