UNS Bakal Bangun Museum

SOLO (KRjogja.com) – Sebanyak 22 museum 5 diantaranya museum dari Yogyakarta memamerkan sebagian koleksinya di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Program ini  sebagai upaya untuk mendekatkan museum dengan masyatakat khususnya mahasiswa dan pelajar.

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS menilai kegiatan ini diadakan karena jumlah pengunjung museum masih rendah. Bahkan,Museum Goes To Campus juga menginspirasi UNS untuk membangun museum. Rencana mendapat dukungan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hari Widianto.

"UNS sudah saatnya membagun museum. Sejak lahirnya tahun 1976 hingga sekarang sudah banyak koleksi bersejarah yang dipamerkan," kata Hari Widianto saat pembukaan Museum Goes To Campus di auditorium kampus UNS Kentingan, Selasa (08/11/2016).

Dijelaskan, museum adalah salah satu indikator peradaban suatu bangsa. Kualitas masyarakat dapat dilihat museumnya. "Jadi museum merupakan cerminan wajah kita." Di Indonesia tercatat 428 museum terdiri tiga tipe A, B dan C. Tapi kebanyakan masih tipe C.

Museum memiliki pilar yakni riset, pendidikan dan menggembirakan para pengunjung. Melalui Museum Goes To Campus diharapkan bisa menyampaikan informasi museum sampai pada masyarakat. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI