UNS Buka Program Membaca Huruf Jawa Kuno

SOLO, KRJOGJA.com – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap membuka program short cours internasional tentang menulis dan membaca huruf Jawa kuno. 
Kursus pendek ini akan diikuti mahasiswa dari Leiden University Belanda dan Amerika Serikat. Dalam kursus singkat internasional juga akan diberikan materi cara penanganan naskah kuno. 

"Jadi  kursus dirancang lebih difokuskan pada segi praktek membaca, menulis dan menangani naskah kuno," jelas Prof Dr Sahid Teguh Widodo, koordinator pelaksana short cours internasional  FIB, Selasa (26/12).

Disebutkan, penyenggaraan kursus singkat merupakan tindak lanjut dari Javanese Cultural Awards (JCA) beberapa waktu lalu. UNS telah menjalin kerjasama dengan Leiden dan AS. Mahasiswa dari Leiden direncanakan tiba pada April 2018.

Dalam kursus singkat juga diikuti mahasiswa UNS. "Mereka selama ini sudah mendapatkan materi kuliah filologi. Tapi dengan adanya kursus, mereka akan lebih menguasai tentang naskah kuno. Karena dalam kursus lebih menjurus ke praktek," tutur Prof Sahid.

Selain itu UNS juga memiliki ikatan kerjasama tentang budaya dengan sejumlah perguruan tinggi di Asean. Kerjasama meliputi tukar menukar guru besar dan melakukan riset bersama. Selain itu juga digelar festival budaya. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI